• Latest News

    Lagi Lagi Kerangka Manusia Raksasa Jadi Hoax

    Era internet memang banyak menyajikan hal hal yang menarik sesuai dengan minat kita. Tapi sayang sekali tidak semua informasi yang disajikan valid akurat. Diantaranya adalah banyaknya beredar foto foto tentang keberadaan kerangkan raksasa manusia. Hampir semuanya adalah palsu atau fake. Semua ini dimungkinkan karena hasil olah digital tangan tangan mahir pengguna photoshop.
    Namun Ada juga foto asli yang dinyatakan fake.
    Kali ini penulis akan membahas foto foto palsu atau fake yang banyak beredar di dunia maya mengenai kerangka raksasa manusia. mitos yang banyak dipercaya bahwa adanya manusia raksasa yang jaman dahulu membuat orang mempercayai beberapa foto yang sebenernya diragukan keasliannya.
    Memang di kitab suci agama ada yang menyatakan adanya keberadaan manusia berukuran raksasa, seperti kisah Goliath dan David, tapi perlu diwaspadai adanya gambar gambar atau foto foto manusia berukuran raksasa bukan berarti itu adalah Goliath yang dimaksud, dan juga bukan berarti apa yang ada di dalam kitab suci tersebut salah. Melainkan banyak gambar atau foto yang mengatasnamakan kisah dalam kitab suci untuk dijadikan daya tarik atau penguat dalam hoax yang disebarkannya. seperti contoh berikut




















    Perhatikan saja keanehan yang ada di kedua bagian foto tersebut. Foto diatas memperlihatkan wajah tengkorak dari arah samping dan kedua bagian foto dibawahnya memperlihatkan penampakan tengkorak dari arah depan dengan cacat dibagian kening dan dibuat seolah berasal dari sebuah surat kabar.Kalau dilihat dengan teliti ada banyak perbedaan terutama nyata sekali di bagian rahang dan gigi di kedua bagian foto tersebut.Foto bagian atas memperlihatkan gigi yang masih berbaris rapi tapi pada bagian kedua dan ketiga  memperlihatkan barisan gigi yang merantakan menyeramkan.Memang diperlukan imajinasi yang tinggi untuk melihat perbedaan dari kedua bagian tengkorak tersebut.Selain itu penulis tidak menemukan situs yang dapat menjelaskan keberadaan tengkorak tersebut secara valid sehingga keasliannya sangat diragukan.
    Tidak hanya sampai disitu banyaknya foto foto yang beredar tentang kerangka raksasa ini membuat penulis melacak keasliannya.Disini penulis menemukan sebuah situs unik situs Worth1000, adalah situs yang memfokuskan diri pada kontes keterampilan Photoshop. Salah satunya adalah kontes gambar arkeolog, yang mengundang para anggotanya mengolah gambar memanipulasi semirip mungkin. dalam kontes tersebut membuat penemuan arkeolog palsu, para peserta diwajibkan menbuat penipuan arkeolog serapi mungkin hingga orang akan tertipu.
    ini linknya 
    http://web.archive.org/web/20030710000140/http://www.worth1000.com/cache/contest/contestcache.asp?contest_id=447&display=photoshop

    Sayanganya kontes yang banyak dan disertai banyaknya peserta menyebabkan banyak gambar yang  hilang, putaran update dan perubahan server yang telah berjalan bertahun-tahun membuat banyak gambar dari kontestan menghilang. Sejak pertama berdiri pada tahun 2002, banyak gambar dari Worth1000 telah dibawa keluar hingga menyebar di internet, sayangnya gambar-gambar banyak disalahgunakan dengan klaim palsu, sedangkan bukti gambar kompetisi banyak yang hilang.
    Setiap gambar yang masuk kompetisi wajib ditempel watermark Worth1000, namun ketika gambar dibawa keluar maka watermark akan dihapus untuk menjalankan tipuannya dengan klaim yang bombastis. Dalam keterangan yang terdapat pada gambar di atas, situs Worth1000 pernah mengadakan kompetisi manipulasi gambar arkelogi.
    Dalam kontes ini akan membuat penemuan arkeologi palsu (misalnya. Atlantis, kaleng Coca-cola berusia 2000 tahun atau tengkorak raksasa
    Anda dapat menyaksikan proyek manipulasi gambar mereka terbilang sukses, walaupun watermark worth1000 terlampir pada gambar, namun masih banyak yang tertipu karena tidak mengetahui rekam jejak Worth1000. Berikut beberapa gambar manipulasi "kerangka manusia raksasa" hasil kontes yang sangat mengesankan dari para kontestan hingga banyak diklaim sebagai foto asli 


    Kumpulan gambar-gambar manipulasi tengkorak manusia raksasa hasil olah digital Photoshop dari Worth1000 dapat Anda lihat di sini.
    Kini jelas sudah hasil olah digital sempurna ini banyak digunakan sebagai hoax dengan berbagai tujuan.Semoga penjelasan penulis yang informasinya diambil juga dari  dari berbagai situs ini dapat memberi manfaat terhadap klaim klaim palsu.

    penulis
    The G

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Anda telah membaca Lagi Lagi Kerangka Manusia Raksasa Jadi Hoax Rating: 5 Ulasan oleh doddy goentoro
    Scroll to Top