• Latest News

    Misteri Crossroads Dan Musisi Robert Jhonson

    Misteri adalah segala sesuatu yang menimbulkan tanda tanya bagi banyak kalangan. Banyak misteri yang belum terpecahkan hingga saat ini tapi ada juga misteri yang berhasil dipecahkan meskipun sering kali menimbulkan misteri baru.
    Di Indonesia kental sekali dengan berbagai rumor mistik yang banyak menimbulkan misteri tersendiri. Sebut saja yang paling terkenal misteri tentang Nyi Roro Kidul, yang tak kalah misterius adalah kegiatan pemujaan atau ritual pemujaan kepada setan atau jin untuk meraih kesuksesan kekayaan secara instan di Gunung Kawi. Tapi hal ini tidak hanya terjadi tapi juga ada di negara maju semacam Amerika atau tepatnya di Mississipi, hanya saja bedanya Crossroad ini tidak jelas keberadaannya.









    Ada yang meyakini Crossroad ada di Clarksdale dimana jalan 41 dan 49 bersimpangan











    Tapi Eric Clapton musisi terkenal Crossroads yang dimaksud ada di Rosedale MS, dimana jalan 1dan 8 bersimpangan.









    Tapi sebagian besar warga Mississipi yakin Crossroads yang dimaksud adalah diujung jalan raya 82 sekitar Bamboo Road dimana ada persimpangan jalan yang masih berupa tanah dan pohon apel yang tak pernah berbuah di dekat situ.









    Tapi hingga kini keberadaan Crossroads yang dimaksud belum dapat dipastikan. Lalu apa sebenarnya yang menjadi misteri dari jalan persimpangan tersebut.. Konon di jalan itu dipercaya masyarakat kulit hitam ada penunggu yang bernama Diety Esu. Tapi misteri ini tentu kurang greget apalagi mendunia kalau hanya kalau sampai disitu saja kisahnya.
    Dikalangan pencinta lagu blues nama Robert Johnson sangat dikenal, musiknya sangat mempengaruhi genre blues saat itu. Karya karyanya dianggap masterpiece dan banyak mempengaruhi music Rock & Blues. Eric Clapton menyebutnya sebagai musisi blues terhebat yang pernah ada, bahkan di tahun 2008 Majalah Rolling Stone menempatkan dia ada di posisi 5 dari 100 gitaris legendaris terhebat sepanjang masa. Namanya diakui sebagai induk dari aliran musik blues dengan gaya musik delta blues yang menjadi ciri khasnya.
    sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Robert_Johnson












    Namun menjadi musisi tenar tentu butuh perjuangan yang sangat panjang lagi berat tapi tentu cara juga  instan yang bisa diraih. Hingga dikisahkan seorang pemuda bergitar terlihat begitu gelisah seperti menunggu sesorang atau sesuatu di salah satu sudut Crossroads, lalu dari balik kabut hitam kelam sesosok bertubuh besar berjalan menuju kearahnya, sosok misterius ini lantas mengambil gitar pemuda tersebut menyetel dan memainkan beberapa lagu yang tidak pernah didengar pemuda gelisah  itu sebelumnya. Lalu sosok itu menghilang tanpa bekas. Sosok misterius ini diyakini adalah penunggu Crossroads. Pemuda itu dikenal bernama Robert Leroy Johnson. Pemuda yang dulunya adalah seorang bocah yang terampil memainkan harmonika. Kemampuannya ini menarik perhatian musisi blues bernama Son House, uniknya meskipun terampil memainkan harmonika Robert Johnson ini sama sekali tidak terampil memainkan gitar. Hingga akhirnya Robert Johnson ini berangkat ke daerah Robinson Ville  ia menyempurnakan kemampuan bermain gitarnya untuk mengalahkan Son House dengan mendalami gaya musiknya dengan seorang bernama Zinnerman.Ada kabar angin mengatakan Zinnerman belajar musik secara gaib dengan mengunjungi pemakaman ditengah malam.
    Robert Johnson sempat menghilang dalam kurun waktu sekitar 6 bulan lalu kembali dengan kemampuan bergitar yang sangat luar biasa ajaib. Hingga akhirnya kisah diawal paragraf ini pun  akhirnya muncul. Kisah kesepakatan Johnson dengan iblis ini sangat sangat santer saat itu hingga pernah suatu waktu Son House pernah ditanya apakah ia terlibat dalam tehnik gitar Robert Johnson dan pernyataan Son House meski sangat samar tapi telah dikonfirmasi.
    Kisah seram Crossroad ini tentu tidak muncul ujug ujug karena sebelum rumor tersebut berkembang ada lagi seorang musisi Blues yang juga terkenal bernama Tommy Johnson, meski tidak setenar Robert Johnson dia adalah gitaris Blues hebat di masanya dia bermain gitar dengan tehnik tinggi diselingi gaya akrobatik yang sulit ditiru apalagi ditandingi gitaris Blues saat itu. Masyarakat saat itu meyakini jikalau Tommy sudah menyerahkan jiwanya kepada setan karena dia pernah berkata

    "If you want to learn how to make songs yourself, you take your guitar and you go to where the road crosses that way, where a crossroads is. Get there be sure to get there just a little ' fore 12 that night so you know you'll be there. You have your guitar and be playing a piece there by yourself...A big black man will walk up there and take your guitar and he'll tune it. And then he'll play a piece and hand it back to you. That's the way I learned to play anything I want." - Tommy Johnson-

    Lagu Robert Johnson inipun sarat dengan misteri hingga rentan terhadap multi interprestasi, banyak orang yang mengartikan Crossroads Blues yg terkenal itu sebagai penyerahan jiwa Robert Johnson kepada sang penunggu Crossroads. Robert Johnson memang nakal dalam memainkan lyric dalam lagunya. lyric lagunya memang tidak biasa tapi sebenarnya hal itu adalah hal yang biasa dimana seorang pengarang memang bisa bisa saja meng interprestasikan musiknya dengan cara yang tak biasa.
    Lagu lainnya yang menarik untuk disimak adalah lagu dengan judul "Me And The Devil Blues" dari judulnya saja sudah nampak nyeleneh. lalu bagaimana dengan lirik dalam lagunya.
    coba kita simak,

















    Unik memang dan sangat multi tafsir, untuk lebih lengkapnya kita coba simak lagunya,



    Dan ini hasil setelah dilakukan backmasking,



    Sangat misterius memang, tapi apakah ini hasil kreatifitas sang musisi Robert Jhonson atau memang ada perjanjian khusus dengan sang penunggu Crossroads. Kisah misterius inipun tidak berhenti hingga disitu saja tapi ditutup dengan wafatnya Robert Jhonson di usia muda 27 tahun disaat ia ada ada dipuncak kesuksesannya dengan cara yang belum diketahui hingga kini. Ada teori bahwa sang musisi wafat dengan cara diracun zat striknin tapi hal ini dibantah oleh penulis Tom Graves dalam bukunya "Crossroads: The Life and After Life of Blues Legend Robert Jhonson" yang berdasarkan pada kesaksian ahli toksin. Hal ini juga sejalan dengan kesaksian David Edwards yang hidup sejaman dengannya.
    Dan lagi lagi letak pemakaman Robert Jhonson belum diketahui secara resmi setidaknya ada 3 titik penanda tempat sang musisi ini dimakamkan.
    Titik pertama diduga beliau dimakamkan di halaman pemakaman Mount Zion Missionary Baptist Church di dekat kota Morgan Mississipi Amerika Serikat, titik kedua ada di taman Payne Chapel dekat daerah Quito Mississipi Amerika Serikat,  dan titik terahir  adalah pemakaman Little Zion Church yang secara persis berada di bawah sebuah pohon kemiri besar yang terletak dibagian Utara Greenwood yang berada di sepanjang jalan Money Road, hal ini berdasarkan kesaksian istri penggali kubur bernama Rosie Eskridge.
    Usia wafatnya musisi Robert Jhonson yang 27 tahun  pun tak luput dikaitkan dengan kutukan Club 27. Club 27 ini adalah sebuah kutukan kematian di usia 27 tahun bagi musisi terkenal dan sedang ada dipuncak kejayaannya. Kutukan yang konon banyak memakan jiwa musisi terkenal ini seperti Janis Joplin, Jimmy Hendrix, Brian Jones, Amy Winehouse, Jim Morison, Kurt Cobain, dan masih banyak lainnya dengan cara yang menggenaskan di usia 27 tahun.Sebuah kebetulan kah?

    Kisah diatas memang menyimpan banyak sekali pertanyaan yang belum terjawab hingga kini, seperti dimana keberadaan sesungguhnya Crossroads sebenarnya, benarkah musisi sekelas Robert Jhonson bersekutu dengan setan, kemana dia menghilang secara misterius selama 6 bulan lalu muncul dengan kemampuan yang ajaib dari kemampuan sebelumnya yang biasa saja, secepat itukah ia mendadak  menjadi maestro blues, lalu apa makna dibalik lyric lagunya, dengan cara apa dia mendadak wafat, lalu dimanakah sebenarnya ia disemayankan kenapa ada beberapa titik pemakamannya, lalu benarkah usia 27 karena ada kutukan tertentu untuk seorang musisi. Yah itulah misteri, memang ada teori yang berusaha menjawab tentang keterkaitan cerita ini tapi tetap saja masih menyimpan hal hal yang belum terjawab secara utuh. Hingga akhirnya semua dikembalikan kepada kita ada baiknya kita nikmati saja lagunya berikut berbagai aktribut yang menyertainya tanpa mengurangi kenikmatan kita akan seni musik itu sendiri.

    Penulis The G








    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Anda telah membaca Misteri Crossroads Dan Musisi Robert Jhonson Rating: 5 Ulasan oleh doddy goentoro
    Scroll to Top