• Latest News

    Dryshyam ( 2015) Film Cerdas yang Menggambarkan Kecerdasan












    Bagi para penggemar film dengan plot plot twist seperti beberapa karya Oriol Paulo, film Drysham (2015) hasil remake sukses dari film dengan judul yang sama di tahun 2013 ini merupakan harta karun tak terkira. Film dari India yang disutradarai Nishikant Kamat. Film tersebut menampilkan Ajay DevganShriya Saran dan Tabu dalam peran utama, dan diproduksi oleh Kumar Mangat Pathak, Ajit Andhare dan Abhishek Pathak. Film tersebut merupakan remake dari film Malayalam 2013 Jeethu Joseph. 
    Drishyam yang dirilis pada 31 Juli 2015 dengan durasi nyaris 3 jam ini benar benar membuat saya seperti tersedot kedalam mesin waktu karena begitu saya kembali ke dunia nyata waktu sudah berjalan 3 jam tanpa disadari, sulit memang berpaling karena setiap detik dalam film ini begitu berharga, setiap sudut film ini berisikan informasi informasi yang menentukan dlam twist twist yang bertebaran di paruh film.
    Film dengan tema anomali di mana hampir semua film dgn genre kriminal ini mengambarkan bagaimana cara polisi atau detektif mengungkap sebuah kasus pembunuhan atau kasus kriminal  kali ini berlaku sebaliknya justru pelaku tindak kriminal pembunuhan dengan cerdas mampu lolos dari sergapan polisi yg sebenarnya juga cerdas, dengan cara memanipulasi fakta, sebut saja film "Now You See Me" satu dari sedikit hal yang hampir serupa.
    Alur cerita sedang sedikit meningkat ketika twist twistnya diungkap dan sangat nyaman dinikmati, tidak seperti umumnya film produksi Bollywood yg sarat dengan sendratari dalam film ini hal tersebut tidak ada, kita juga bisa menyaksikan sudut sudut kota kecil ala India meski dengan tampilan di ulang ulang tapi cukup memberikan informasi penunjang cerita dalam film ini.
    Film yang nyaris tanpa antagonis dan protagonis atau bisa disebut karakter yang samar untuk bisa disebutkan sebagai antagonis atau sebaliknya. Meski ada tokoh Gaitonde yang digambarkan sebagai polisi tukang peras tapi dalam kasus dalam film ini dia tidak salah, kesaksiannya memang benar meski prilakunya tidak terpuji. Atau tokoh Meera yang diperankan oleh si bohay Tabu adalah  Inspektur Jendral juga ibu dari korban yaitu anaknya Sam juga seorang polisi yang berpengalaman dan cerdas tidak bisa disebutkan antagonis juga karena dalam kasus di film ini perannya untuk membuktikan sebuah tindak kejahatan, lalu bagaimana dengan Vijay sekeluarga juga sulit untuk disebut protagonis atau antagonis karena tindak kriminal yang dilakukannya punya alasan yg meski salah tapi bisa dimaklumi.
    Inilah yang membuat film ini menarik yang kalau terjadi di dunia nyata akan meimbulkan pro kontra.
    Karna film ini kekuatan dasarnya adalah plot twist yang memukau saya gak akan memberikan spoiler yang akan berdampak dari suasana batin saat menonton film ini, yang akan saya gambarkan adalah kesan menarik yang didapatkan dalam film ini.
    Film yang awalnya berlatar belakang keluarga yang ideal terguncang oleh sebuah peristiwa yang bisa berdampak luar biasa bagi keluarga tersebut, disamping itu sistem hukum yang berlaku saat itu dalam film ini ditampilkan tidak berlaku dengan baik. Bagaimana cara keluarga ini lolos adalah berkat tokoh ayah Vijay yang meski putus sekolah SD kelas 4 ini tapi punya kecerdasan luar biasa hanya dari observasi dari kegemarannya nonton film, disamping itu kekompakan keluarga ini juga berperan kuat untuk berkelit dari tekanan polisi. Meski polisi mampu mengurai suatu teori yang tepat dan akhirnya mampu memperoleh motif dari perkara kriminal ini tapi unsur paling penting yaitu keberadaan jasad korban tidak bisa terungkap hingga akhir film., akhirnya memang di usahakan dengan cara mendapatkan pengakuan dari keluarga Vijay dengan cara cara yang  akhirnya malah menjerumuskan citra dari kepolisian itu sendiri.
    Film ini dengan cerdas mengambarkan bagaimana kecerdasan seseorang yang mampu memanfaatka drysham (visual) dengan baik, semua kemungkinan mampu diprediksi lalu diantisipasi dengan cerdas. plot plot twistnya pun dijabarkan dengan sangat apik boleh dikatakan ini adalah film dengan plot twist terbaik sepanjang dari semua film serupa yang saya pernah tonton, bahkan sekelas Oriol Poulo yang di film terahirnya "The Body" yang seperti agak menurun dari film sebelumnya. Terutama pada ending twist ketika dengan apik dan spektakuler menunjukkan tempat korban di kuburkan. Saya hanya mampu menebak denga tepat 1 twist saja itupun tidak mengurangi kenikmatan saya ketikan twistnya di buka.
    Yang tersisa dalam film ini hanya sebuah pertanyaan yang sebenarnya gak terlalu penting yaitu "apa sebenarnya yang diinginkan dari korban pembunuhan tokoh Sam ini", saya menduganya sebuah hubungan sexual. 
    Acting para tokoh juga sangat baik terutama untuk tokoh utama Vijay yang digambarkan hangat di keluarga tapi juga dingin merancang sebuah konspirasi. Juga akting dari tokoh Meera juga menonjol sebagai kepala polisi yang keras dan sangat manusiawi ketika mengingat kehilangan putra satu satunya.
    Pengambilan visual kamera juga epik dengan sudut sudut yang baik mampu mengambarkan mempertegas jalinan cerita.Yang terasa agak kurang mungkin efek make up nampak tak  terlalu natural untuk cucuran darah.
    Dengan berbagai kelebihannya tak heran film ini memiliki rating tinggi di IMDb yaitu 8,3 dan bisa disandingkan dengan film India berkelas box office yaitu film Bajrangi Bhaijaan.
    Demikian penelusuran singkat  saya untuk film Dryshyam ( Wrong or Wronged ), bagi yang belum nonton amat sangat saya rekomendasi. terimakasih telah mengunjungi blog saya ini.

    THE G 












    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Anda telah membaca Dryshyam ( 2015) Film Cerdas yang Menggambarkan Kecerdasan Rating: 5 Ulasan oleh doddy goentoro
    Scroll to Top