• Latest News

    Yang Berubah Dari Remake 30 Tahun Film Pet Sematary

    Tulisan ini berisi spoiler buat yang belum nonton atau tidak menghendaki spoiler sebaiknya jangan dibaca dulu, karena di kwatirkan kenyamanan menontonnya jadi terganggu, tulisan ini dimaksudkan hanya sebagai bahan diskusi saja bagi penggemar film remake.
    Masih ingat film Pet Sematary yang disadur dari empu novelis Horror Stephen King..? Film yang pertama kali di produksi tahun 1989 tentu tak banyak yang ingat secara detailnya. Film ini di remake kembali setelah 30 tahun. mungkin generasi sekarang belum nonton produksi awalnya. Film dengan ejaan yang salah yaitu Cemetery yg di tulis menjadi Sematary ini sempat mendulang kengerian di tahun 1989, lalu akhirnya baru di remake kembali 30 tahun kemudian..WOW
    Film yang lumayan top di tahun 1989 memang sempat dibuat sekuelnya di tahun 1992 tapi nampaknya tidak terlalu berhasil seperti film pertamanya hingga akhirnya 3o tahun kemudian di buatlah remakenya..apakah film remake ini berhasil seperti produksi awalnya, itu yang akan kita bahas disini. karena memang hanya sedikit film remake yang berhasil bahkan mungkin lebih berhasil di banding produksi pertamanya sebut saja remak film The Evil Dead  yg pertama kali diproduksi tahun 1981 lalu dibuat remakenya di tahun 2013 yang hasilnya lebih gemilang dari produksi awalnya, hal ini dimungkinkan karena kemajuan jaman tehnik film yang sudah jauh lebih berkembang..nah gimana dengan film Pet Sematary apakah kemajuan jaman mampu membuat film remakenya jadi lebih cemerlang dari film pendahulunya..










    Diawal awal film Pet Sematary 2019 tidak ada perubahan yang merubah jalan cerita, ada sedikit perbedaan dari film Pet sematary 1989 seperti pertemuan keluarga dokter Louis dengan tetangganya kakek Jud, ditahun 1989 pertemuan keluarga ini terjadi di depan rumah mereka, pada saat anak bungsu dokter Louis yang sempat lepas dari perhatian hampir menyebrang jalan yang sering di lalui truk besar dengan kecepatan tinggi, keakraban mereka langsung terbentuk disana, sedangkan dalam film remake 2019 pertemuan Jud justru terjadi pertama kali oleh anak pertama dokter Louis yaitu  Ellie yang sempat penasaran dan akhirnya terjadih dan akhirnya di tolong olej kakek Jud, ke akraban mereka baru terbentuk ketika sang kakek Jud diundang makan malam, nampaknya dalam film Pet Sematary 2019 peran Ellie lebih dominan dari film pendahulunya, nampak sekali dalam remake 2019 ini kakek Jud punya keakraban tersendiri dengan Ellie.
    Keganjilan ke 2 film ini sayangnya tidak dirubah, seperti lingkungan perumahan yang sering dilalui truk besar dan sering mengakibatkan kecelakaan ini seperti diterima dengan pasrah saja oleh warganya, tidak ada pagar pengaman di halaman tiap rumah, cukup aneh buat saya karena lingkungan yang berbahaya seperti itu tapi ditanggapi biasa tanpa antisipasi.
    Dalam film ditahun 1989 ada peran yang dihilangkan di tahun 2019 yaitu peran buruh cuci  Missy Dandridge yang akhirnya bunuh diri akibat sakit tak tertahankan di perutnya, peran ini memang tidak terlalu signifikan hanya ingin mengambarkan saja tentang kematian kepada Ellie nak pertama dokter Louis yang begitu kritis terhadap alam kematian. Selebihnya kematian Peacow akibat kecelakaan parah oleh truk perubahan yang terjadi hanya pada etnis saja dalam film 1989 di perankan oleh kulit putih dalam film remake 2019 oleh kulit hitam, tapi dalam film 2019 lebih terasa seramnya ketimbang film terdahulu, mungkin karena visual efek tahun 2019 lebih maju.
    Seperti disebut diawal perbedaan perbedaan ini tidak merubah jalan ceritanya, meskipun di tahun 2019 ini lebih baik penggambarannya, terutama tentang rasa bersalah Rachel terhadap kematian kakaknya Zelda yang di tahun 2019 digambarkan dengan lebih nyata, alur cerita, tensi kedua film ini juga hampir sama hingga akhir film lebih dari separuh film berjalan biasa tidak banyak keseraman berarti meskipun begitu jalan ceritanya masih nyaman untuk dinikmati, Secara keseluruhan film 2019 ini lebih baik penggambarannya tapi utk menggambarkan kuburan orang Indian yang mampu menghidupkan mahluk yang sudah mati untuk film tahun 1989 ini digambarkan dengan lebih bagus, ada simbol2 khas Indian yang lebih bagus ketimbang film remakenya di tahun 2019.
    Takdir film ini mulai berubah di pertengahan film, jikalau di tahun 1989 yang meninggal adalah Gage anak bungsu sang dokter maka di tahun 2019 yang meninggal adalah justru anak pertama si dokter Ellie, untuk tahun 2019 ini memang digambarkan lebih dramatis menurut saya.
    Perubahan takdir film ini buat saya jadi lebih menarik buat saya, karena membuat endingnya menjadi berubah, dan perubahan yang berani ini malah membuat film Pet Sematary 2019 lebih unggul selangkah di banding film pendahulunya. Twist endingnya jadi lebih mengena dan cocok. Untuk tingkat keseraman tidak banyak berubah hanya sedikit lebih meningkat di tahun 2019, ada scene yang lebih seram ditahun 2019 dibanding yang tahun 1989 seperti saat sang anak membunuh ibunya, untuk film tahun 1989 adegan akhir lebih mirip film Chucky.
    Secara umum film remake Pet Sematary ini bisa disebut berhasil meskipun tidak seberhasil film remake The Evil Dead yang remakenya dibuat jauh lebih mengerikan.
    Kadang kala saya juga kangen dengan film jadul yang dibuat tanpa jump scare, kengerian dan keseramannya dibangun dengan drramatisasi dan alami. Untuk film Pet Sematary 2019  ini cukup memenuhi rasa kangen ini.
    Ke dua film ini saya kasi ponten 6 dari 10  untuk Pet Sematary 1989 dan 7 dari 10 untuk film Pet Sematary 2019karena memang sama bagusnya sedikit lebih bagus memang untuk Pet Sematary 2019 terutama di bagian ending.
    Demikian ulasan saya semoga manfaat


    The G
















    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Anda telah membaca Yang Berubah Dari Remake 30 Tahun Film Pet Sematary Rating: 5 Ulasan oleh doddy goentoro
    Scroll to Top